Rabu, 24 Januari 2018

PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SURABAYA-MOJOKERTO SEKSI IA



PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA PROYEK
PEMBANGUNAN JALAN TOL SURABAYA-MOJOKERTO 
SEKSI IA

Disusun Oleh:
ARIF TRI KUSUMA


BAB 1

          1.1.         Latar Belakang
            Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (SUMO) bertujuan untuk menghubungkan 2 (dua) kota besar di Provinsi Jawa Timur yaitu Kota Surabaya dan Kota Mojokerto. Pembangunan jalan tol ini rencananya akan memiliki panjang jalan 36,270 Km dan terbagi menjadi 5 (lima) seksi yaitu Seksi IA (Waru-Sepanjang), Seksi IB (Sepanjang-Western Ring Road), Seksi II (Western Ring Road-Driyorejo), Seksi III (Driyoreja- Krian), Seksi IV (Krian-Mojokerto Utara-Mojokerto Kota). Dalam penulisan ini yang ditinjau adalah perencanaan sistem drainase pada Seksi IA saja.
            Pada perencanaan sistem drainase jalan akan berkaitan erat dengan site plan jalan, aligment vertical-horizontal jalan, superelevasi jalan, dan elevasi permukaan jalan. Tujuannya adalah untuk mengalirkan limpasan air yang terjadi di permukaan jalan secara grafitasi dan dibuang melaluisaluran drainase yang telah ada (eksisting) atau yang belum ada (non-eksisting) menuju saluran pembuang akhir (outlet). Untuk saat ini, kondisi sistem drainase padakawasan Jalan Tol SUMO belum terhubung dengan baik. Masih adanya saluran-saluran drainase yang rusak akibat termakan usia atau ada yang rusak akibat tertutup oleh pekerjaan timbunan proyek. Oleh karena itu, perlu direncanakan suatu system pengelolaan air limpasan yang terjadi, sehingga air limpasan tidak menggenangi daerah sekitar dan langsung masuk ke saluran-saluran drainase yang ada.

       1.2.         Perumusan Masalah
        Perumusan masalah pada penulisan Tugas Akhir (TA) ini adalah :
  1.      Berapa besar debit limpasan yang terjadi di kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA dan sekitarnya yang akan membebani saluran drainase jalan?.
  2.      Bagaimana dengan sistem drainasenya agar tidak terjadi genangan dan bagaimana kaitannya dengan sistem drainase kawasan?.
  3.      Bagaimana rencana bentuk dan dimensi penampang saluran serta bangunan pelengkap pada sistem drainasenya?.

       1.3.         Batasan-Batasan Masalah
            Yang menjadi batasan masalah dalam penulisan Tugas Akhir ini, antara lain:
1.      Studi ini hanya meninjau perencanaan sistem drainase di kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IA di wilayah Waru-Sepanjang.
2.      Debit yang ditinjau hanyalah dari air hujan saja.
3.      Daerah tangkapan hujan (catchment area) ditinjau hanya pada kawasan yang air limpasannya kemungkinan akan membebani saluran drainase jalan tol.

       1.4.         Tujuan Penulisan
       Tujuan penulisan ini, antara lain :
  1.      Merencanakan debit limpasan yang terjadi di kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya-  Mojokerto Seksi IA dan sekitarnya yang akan membebani saluran drainase jalan.
  2.      Merencanakan sistem drainase Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA.
  3.      Membuat perencanaan detail penampang saluran serta bangunan pelengkap yang diperlukan pada Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA.


1.5 Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, batasan masalah dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi hal-hal yang menjadi acuan dalam penyusunan tugas akhir.
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini berisi metode pengumpulan data.
BAB IV DATA
Bab ini berisi perolehan data, dan rumus yang digunakan.
BAB V ANALISA PERHITUNGAN
Bab ini berisi perhitungan analisa daya dukung.
BAB VI PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang didapat dari analisa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar