PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA
PROYEK
PEMBANGUNAN JALAN TOL
SURABAYA-MOJOKERTO
SEKSI IA
Disusun Oleh:
ARIF TRI KUSUMA
BAB
1
1.1.
Latar
Belakang
Pembangunan Jalan Tol
Surabaya-Mojokerto (SUMO) bertujuan untuk menghubungkan 2 (dua) kota besar di Provinsi
Jawa Timur yaitu Kota Surabaya dan Kota Mojokerto. Pembangunan jalan tol ini
rencananya akan memiliki panjang jalan 36,270 Km dan terbagi menjadi 5 (lima)
seksi yaitu Seksi IA (Waru-Sepanjang), Seksi IB (Sepanjang-Western Ring Road),
Seksi II (Western Ring Road-Driyorejo), Seksi III (Driyoreja- Krian), Seksi IV
(Krian-Mojokerto Utara-Mojokerto Kota). Dalam penulisan ini yang ditinjau
adalah perencanaan sistem drainase pada Seksi IA saja.
Pada perencanaan sistem drainase
jalan akan berkaitan erat dengan site plan jalan, aligment vertical-horizontal
jalan, superelevasi jalan, dan elevasi permukaan jalan. Tujuannya adalah untuk
mengalirkan limpasan air yang terjadi di permukaan jalan secara grafitasi dan
dibuang melaluisaluran drainase yang telah ada (eksisting) atau yang belum ada
(non-eksisting) menuju saluran pembuang akhir (outlet). Untuk saat ini, kondisi
sistem drainase padakawasan Jalan Tol SUMO belum terhubung dengan baik. Masih
adanya saluran-saluran drainase yang rusak akibat termakan usia atau ada yang
rusak akibat tertutup oleh pekerjaan timbunan proyek. Oleh karena itu, perlu
direncanakan suatu system pengelolaan air limpasan yang terjadi, sehingga air
limpasan tidak menggenangi daerah sekitar dan langsung masuk ke saluran-saluran
drainase yang ada.
1.2.
Perumusan
Masalah
Perumusan masalah pada penulisan
Tugas Akhir (TA) ini adalah :
1.
Berapa besar debit limpasan yang terjadi di kawasan
Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA dan sekitarnya yang
akan membebani saluran drainase jalan?.
2.
Bagaimana dengan sistem drainasenya agar tidak terjadi
genangan dan bagaimana kaitannya dengan sistem drainase kawasan?.
3.
Bagaimana rencana bentuk dan dimensi penampang saluran
serta bangunan pelengkap pada sistem drainasenya?.
1.3.
Batasan-Batasan
Masalah
Yang
menjadi batasan masalah dalam penulisan Tugas Akhir ini, antara lain:
1.
Studi ini hanya meninjau perencanaan sistem drainase
di kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IA di wilayah
Waru-Sepanjang.
2.
Debit yang ditinjau hanyalah dari air hujan saja.
3.
Daerah tangkapan hujan (catchment area) ditinjau hanya
pada kawasan yang air limpasannya kemungkinan akan membebani saluran drainase
jalan tol.
1.4.
Tujuan
Penulisan
Tujuan
penulisan ini, antara lain :
1. Merencanakan
debit limpasan yang terjadi di kawasan Proyek Pembangunan Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA dan sekitarnya yang akan membebani saluran drainase jalan.
2. Merencanakan
sistem drainase Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA.
3. Membuat
perencanaan detail penampang saluran serta bangunan pelengkap yang diperlukan
pada Jalan Tol Surabaya- Mojokerto Seksi IA.
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I
PENDAHULUAN
Bab ini
berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, batasan masalah dan
sistematika penulisan.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini
berisi hal-hal yang menjadi acuan dalam penyusunan tugas akhir.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini
berisi metode pengumpulan data.
BAB IV DATA
Bab ini
berisi perolehan data, dan rumus yang digunakan.
BAB V ANALISA
PERHITUNGAN
Bab ini
berisi perhitungan analisa daya dukung.
BAB VI
PENUTUP
Bab ini
berisi kesimpulan dan saran yang didapat dari analisa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar