Selasa, 18 April 2017

Moda Yang Paling Banyak Digunakan Daerah Bogor



      
 Moda Yang Paling Banyak Digunakan Daerah Bogor


      Kendaraan umum di Bogor sendiri terdiri dari banyak jenis, mulai dari commuter line yang menghubungkan Bogor ke Jakarta dan daerah Jabodetabek lainnya, bus, angkot, ojek, becak, hingga delman yang akan sering anda temui di sekitar area Istana Bogor.
Tapi ada satu kendaraan umum yang hanya anda akan temui di Bogor : Trans Pakuan. Ya, jika di Jakarta ada Trans Jakarta dan di Palembang ada Trans Musi, maka di Bogor ada Trans Pakuan, sebuah sistem transportasi umum berjenis Bus Rapid Transit (BRT) yang menghubungan beberapa area penting di Bogor. Hanya saja, berbeda dari bus yang digunakan oleh Trans Jakarta dan Trans Musi, Trans Pakuan menggunakan mini bus dengan kapasitas 21 hingga 35 penumpang.
        Angkutan umum ini berjenis bus, maka anda akan cenderung lebih nyaman saat berada didalamnya, berbeda dengan angkot yang jelas anda harus duduk berdesakan dalam luas angkot yang lebih kecil. Kelebihan lainnya adalah di Trans Pakuan anda tidak akan menemui pengamen jalanan seperti yang mungkin sering anda temui saat naik angkot. Kemudian saat ini sudah banyak armada Trans Pakuan yang memiliki AC, sehingga perjalanan akan lebih nyaman lagi.
            Kekurangannya, sama seperti BRT di daerah lainnya, anda bisa saja tidak mendapat tempat duduk dan harus berdiri sepanjang perjalanan. Dan karena menggunakan tarif flat (5 ribu rupiah sekali naik), maka cenderung tidak direkomendasikan untuk mereka yang hanya ingin bepergian dalam jarak dekat. Juga tidak direkomendasikan bagi anda yang di daerah tujuannya tidak dekat dengan halte Trans Pakuannya, karena nanti ujung-ujungnya jalan juga atau naik angkot lagi.
            Bagi anda yang ingin menikmati suasana menggunakan moda transportasi massal milik Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor ini, ada beberapa rute yang sudah bisa anda gunakan selain rute lain yang saat ini sedang dalam pembangunan. Berikut rute Trans Pakuan yang sudah bisa anda nikmati :
Koridor 1 : Cidangiang – Terminal Bubulak
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Warung Jambu > Soleh Iskandar (Jalan Baru) > Abdullah bin Nuh (Taman Yasmin) > Terminal Bubulak.
Koridor 2 : Cidangiang – Ciawi
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Tajur > Ciawi > Perumahan Rancamaya.

Koridor 3 : Cidangiang – Bellanova
Rute : Pool Cidangiang > Pajajaran > Warung Jambu > Tol BORR > Mall Bellanova Sentul City.
            Bogor sendiri adalah sebuah kota yang memiliki sebuah konsep transportasi yang bersifat massal, yaitu angkutan kota, atau populer dengan sebutan angkot. Bogor sendiri memperoleh sebagian kepopulerannya dari banyaknya angkot yang beroperasi. Pengoperasian angkot ini sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Angkot, dengan jumlah yang besar, seperti yang saat ini terjadi di Bogor, dapat menyerap banyak tenaga kerja dan dapat mengangkut banyak sekali penumpang dalam satu waktu, ditambah penumpang dapat naik angkot dimanapun dan kapanpun mereka mau. Keuntungan tersebut merupakan keuntungan besar yang memang menjadi tujuan dari transportasi.



Warga Bogor bila ingin berpergian ke bekasi, depok, tangerang dll (JABODETABEK) dapat menggunakan moda transportasi commuter line  yaitu kereta krl yang beroperasi daerah JABODETABEK


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar